Eksotisme Ducati 1299 Superleggera Di Milan

By | November 9, 2016

Milan, KompasOtomotif – Ducati dengan bangga memperkenalkan superbike eksotis dengan kemampuan dahsyat, 1299 Superleggera. Model yang hanya dibuat 500 unit di dunia itu mulai ditunjukkan di depan wartawan dunia, sehari jelang press day EICMA, di Milan, (7/11/2016).

Inilah simbol kesuksesan desain dan pengembangan Ducati yang dilakukan selama ini. Tak hanya tampil dengan tampang menggoda, merek asli Italia itu juga menanamkan spesifikasi yang tak biasa. Superleggera juga menjadi salah satu superbike paling ringan yang pernah ada.

Hampir semua komponen terbuat dari karbon. Rangka misalnya, diklaim lebih ringan 40 persen ketimbang Panigale 1299. Begitu juga dengan lengan ayun dan fairing yang kini sangat ringan. Total berat kosong cuma 156 kg.

Ducati Ducati 1299 Superleggera.

Di balik bobot yang super enteng ditambah dengan mesin yang juga super. Ducati menyematkan mesin 1.285    Desmodromic L-twin Superquadro. Klaim tenaganya mencapai 215 tk @11.000 rpm dan torsi 146,4 Nm @9.000rpm, atau bisa dinobatkan sebagai mesin silinder kembar Ducati yang paling dahsyat.

Semua bagian mesin juga berubah, termasuk diameter piston, pinggiran silinder dari aluminium, crankshaft lebih ringan, titanium con rod dan lainnya. Hampir semua teknologi mesin itu diambil dari hasil pengembangan dan pengalaman di ajang WSBK.

Tentu saja, peranti elektronik makin lengkap. Terbaru, pengendara bisa semaunya membuat ban belakang sliding saat belok—meski rebah sekali pun—karena dikontrol dengan peranti elektronik baru. ”Ini membuat pengendaraan makin fun tapi terkontrol,” ucap Claudio Domenicali, CEO Ducati.

Kontrol traksi, ABS, engine brake control, launch control (Ducati Power Launch-DPL), dan teknologi quickshifter untuk menambah atau mengurangi gigi saat melaju. Ada juga teknologi anti-wheellie, disempurnakan dengan komponen analisa data.

Tertarik memboyongnya? Ducati memang belum merilis harga. Namun menurut Dhani Yahya, Managing Director Ducati Indonesia yang juga datang ke preview jelang EICMA ini, Superleggera bisa tembus Rp 3,5 miliar jika dijual. Lucunya lagi, kabar dari beberapa rekan jurnalis otomotif dari Italia, Superleggera sudah habis!

Sumber:

http://otomotif.kompas.com/read/2016/11/08/140200515/eksotisme.ducati.1299.superleggera.di.milan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *